Kamis, 02 Mei 2013

MAU SUKSES BERANI GAGAL = SWOT ANALISIS = JR#3


shalom
in the 3rd week of this I learned my lesson very influential in starting a business. friends was a lot of newbies to start their business in a business that does not do the analysis first, so many who have failed or gone bankrupt. well now I want to share the knowledge I can from this time Ciputra via online universities. SWOT Analysis! What is SWOT analysis? turns out after I learned SWOT analysis stands for S = Strength, which means strength, where every business has the advantage that we definitely strengthen a business is feasible for on the open. W = Weakness significant weaknesses. besides strength was also there where lies the weakness in the sense of impropriety or lack of problems in our business. O = OPPORTUNITY means opportunity, where every business that we want to go to have plenty of opportunities to meet the market demand. T = THREAT meaningful threat, when we want to start a business, when we do a SWOT analysis we can know how much risk that we will experience when we fail business.
okay friends before we begin let's do business by analyzing business using SWOT analysis.

SAMPLE BUSINESS PLAN USE SWOT ANALYSIS

PENDAHULUAN


Nama bisnis saya Lampung Farm Broiler Chickens
Lampung diambil dari lokasi kota saya,
dan Broiler Chicken adalah jenis ayam  broiler yang tersedia di Indonesia.
Kami pilihan ayam broiler sebagai proyek bisnis kami, karena  daging ayam  banyak dikonsumsi  masyarakat dan juga cepat untuk mendapatkan keuntungan, alatnya sederhana, dan sangat membantu masyarakat luas.
bibit  ayam / Day Old Chicken (DOC), pakan , vacsin, dan obat-obatan, untuk  produksi kita bisa dapat dengan mudah, dan penjualanya pun tidak sulit karena saya akan menjaln kerjasama dengan PT. Ciomas Adisatwa Lampung, Jl.Ir. Sutami Km.9 Campang Raya Tanjung Karang Timur, Bandar Lampung 35122 Sumatera Selatan
Telp: (0721) 351227, fax: (0721) 351.228.

saya perlu 45 hari / 1 periode ,dalam memproduksi DOC menjadi  ayam yang siap untuk dijual. saya dapat memproduksi 1.100 anak ayam dan dapat menjual 1.000 ayam, dengan asumsi kematian 5% selama produksi.
Hasil pengamatan yg saya lakukan, banyak masyarakat dari mula umur 1thn sampai dengan lansia mengonsumsi ayam jenis broiler.
Dan yang paling penting ketika orang memiliki perayaan seperti: lebaran, pesta ulang tahun, pesta pernikahan, khitanan , dll . Mereka akan memesan  ayam pedaging jenis broiler karena harganya terjangkau. Saya akan menjual dengan harga khusus  mulai dari Rp 14.000/ kg
harga normal pasar di Lampung adalah Rp 15.000 KG ;/ sampai Rp 20.000/ kg
Mengapa harga bisa mahal? Karena petani ayam belum mampu memenuhi permintaan pasar yang sangat tinggi, Jadi ini kesempatan saya untuk beroperasi sehingga membuat orang mudah untuk mendapatkan ayam dengan harga murah dan berkualitas.

Mengapa saya tidak pilih ayam kampung padahal untuk tingkat protein lebih berisi dari pada ayam broiler, dan juga akan membuat lebih sehat untuk dikonsumsi masyarakat. Benar kan?
saya menjawab Ya benar! Tapi, saya akan beroprasi didesa saya yang mana tidak semua orang bisa mengonsumsi ayam kampung karena harga mahal. ! Dan juga dengan survei saya di Sakti Jaya Lampung permintaan ayam broiler jauh lebih besar dari pada ayam kampong tapi saat inipun saya juga sudah memelihara ayam kampong.

Lokasi dan persyaratan lokasi

Lokasi

Akan berlokasi di Desa Jaya Sakti,, RT006/RW02 Kec.Gunung Terang, Kab.Tulang Bawang Barat, Lampung Utara 34.595, Indonesia.
Informasi kontak +62 81311546744

 lokasi Persyaratan

Mengapa kita pilihan Sakti Jaya Lampung untuk membuka bisnis ?
  ini Beberapa syarat dan kondisi lokasi untuk memulai usaha unggas :

Lokasi jauh dari keramaian atau perumahan rakyat

Lokasi mudah dijangkau dan tidak jauh dari pembelian DOC serta pemasaran

Lokasi yang dipilih adalah tetap dan tidak berpindah-pindah


Lokasi geografis adalah

Lampung, juga kota besar di Indonesia. Terletak di provinsi paling selatan di pulau Sumatera Indonesia. Provinsi Lampung lahir pada tanggal 18 maret 1964, dengan satu set peraturan pemerintah No 3/1964 daripada hukum menjadi No 14/1964.
Sebelumnya lampung residensi di coorporatet dengan provinsi Sumatera Selatan.
Lampung memiliki potensi yang luar biasa, budaya hidup dan khas, yang menambah khasanah budaya tradisional di kepulauan tercinta, Lampung memiliki luas 35.376 km2 dan pada 2011 populasi sensus dari 7.608.405. Pensity

Iklim

Musim kami di Lampung menutupi sebagian besar tahun ini, dari November -Juni. Sisa empat bulan musim kemarau membentuk kota. Terletak di bagian barat Indonesia, musim ujan. indonesia puncak hujan adalah Januari dengan curah hujan bulanan rata-rata 385 milimeter (15,2 in) dan musim kemarau yang kering poin rendah Juli dengan bulanan rata-rata 31 milimeter (1,2 in).

Populasi: Lampung memiliki jumlah penduduk 7.608.405 km2 di habitants

Kelompok umur: Setiap orang dapat mengkonsumsi  dari sejak umur satu tahun sampai Orang menjadi tua

Tingkat pendapatan: Bawah, Tengah, dan Up

Job Kategori: Semua kategori pekerjaan, Mahasiswa, Keluarga.

Sejarah ayam broiler

Asal usul burung adalah ayam yang berasal dari ayam hutan dan itik liar yang ditangkap dan dipelihara.
Tahun demi tahun dari dunia ayam hutan secara ketat dipilih oleh
para ahli dari tujuan seleksi di banyaknya produksi.
Menginjak awal 1900-an ayam liar berkembang dengan pola hidup di masyarakat pedesaan. Memasuki periode dari tahun 1940-an orang mulai mengenal ayam lain selain ayam liar. Dari sini satu mulai membedakan antara ayam Belanda (Belanda yang menjajah Indonesia pada waktu itu) dengan ayam liar di Indonesia. Ayam liar ini kemudian dinamakan ayam lokal yang kemudian disebut ayam karena kehadiran ayam di pedesaan. Sementara ayam yang disebut ayam orang Belanda akrab disebut ayam domestik panjang (ketika itu masih ayam domestik murni)

Disebut ayam broiler, yang merupakan jenis ras unggul dari negara-negara crosess ayam yang memiliki daya produktivitas tinggi, terutama dalam produksi daging ayam. Sebenarnya ini broiler baru populer di Indonesia sejak tahun 1980, s di mana pemegang kekuasaan menyatakan bahwa promosi konsumsi daging ruminansia pada saat itu semakin sulit keberadaannya. Sampai saat ini, ayam broiler telah dikenal masyarakat Indonesia dengan kekuatan yang berbeda. Hanya 5-6 minggu sudah bisa dipanen. Dengan pemeliharaan waktu yang relatif singkat dan menguntungkan, banyak petani dan peternak musiman baru yang muncul di berbagai daerah di Indonesia.

Sentra Ternak

Ayam telah berkembang sangat pesat di setiap negara. Di Indonesia.

Jenis

Dengan strain broiler berbagai yang telah circulatied di pasar, petani tidak perlu khawatir dalam menentukan pilihannya. Karena semua jenis strain yang telah beredar producivity relatif sama.
Ini berarti bahwa jika ada perbedaan, perbedaan itu tidak mencolok atau sangat kecil. Dalam menentukan apa pilihan regangan akan dipertahankan, petani dapat meminta daftar produktifitas atau kinerja benih dijual di pasaran ​​unggas. Strain jenis ayam ras pedaging yang banyak beredar di pasaran adalah: Super 77, ubin 70, ISA, Kim, Cross, Lohman 202, Hyline, Vdet.

Protein Contained Setiap Pices dalam Daging Ayam

Protein diperlukan oleh ourbody 6% dari berat total tubuh kita, otot, rambut, kulit, dan menjual dari tubuh kita terbuat dari protein dan bahkan enzim, DNA saraf hormon meskipun harus ada kandungan protein tubuh kita dapat mendaur ulang protein, tetapi kita perlu protein konten berlanjut - dan lagi, sehingga asupan protein selalu ada Dalam diet kita berasal dari daging ayam. Jika kekurangan Ody akan mengambil protein dari protein muscle.How banyak kita butuhkan dalam sehari? Itu adalah 1 x 0,8 hasil dalam gram. Misalnya, berat badan 53 kg x 0,8 = 42,2 gram, ini adalah protein minimal kita butuhkan per hari. Beberapa protein yang setiap bagian dari ayam broiler: payudara 3,5 oz / 30 gram, 10 gram paha, paha 11 gram, 6 gram sayap ayam.

Manfaat

Manfaat dari peternakan ayam pedaging, antara lain meliputi:
Penyediaan kebutuhan protein hewani
Kenyamanan hari pensiun
Pendidikan dan pelatihan keterampilan di kalangan remaja
Menyimpan di hari tua
Mencukupi kebutuhan keluarga (profit motive)

Lokasi Persyaratan

Lokasi ini cukup jauh dari keramaian / perumahan penduduk.
Mudah diakses dari pusat pemasaran Location.
Lokasi ini dipilih harus diselesaikan tidak mudah terganggu oleh keperluan lain selain pertanian.

 Proyek Futures Market Rencana

Menggunakan data angka penduduk di Lampung adalah 7.608.405 dan masyarakat dapat mengonsumsi memulai umur  1 thn - tua. Jadi sekitar 6,500,000, .konsumer

 Proyek Masa Depan Pasar Saham

Melihat pada komunitas data utara lampung 6.500.000 dibagi dengan 40 rantai broiler pengusaha chiken dari utara Lampung. Pangsa pasar masa mendatang akan 16.250 pelanggan akan diberikan perusahaan quarted 365 hari

Strategi pemasaran

strategi penetapan harga

        saya akan menetapkan harga khusus untuk sekitar kampong saya dan harga special untuk luar kampong,jadi Pelanggan saya akan puas dan senang untuk membeli produk kami dengan harga khusus dan diskon.

Syarat dan kondisi strategi penjualan

       Diskon 10% ditawarkan kepada pelanggan yang memesan dua bulan sebelumnya, dan 3% setiap pembelian langsung lebih dari 100 ayam

Jenis Strategi Branding Digunakan

       Kami melayani pembelian langsung, memesan, dan antar-order untuk wilayah terdekat gratis dan untuk wilayah luas ongkos kirim ditanggung pembeli.

Iklan dan Promosi Strategi

       Iklan / pemasaran menurut Departemen harus mengembangkan kampanye iklan untuk mempromosikan usaha saya sebagai mayoritas pelanggan yang diperoleh dari mulut ke mulut.

Flyers: penyebaran brosur ke agen dan pemasangan poster /spaandu di jalan-jalan

Facebook page: Saat ini jenis jaringan sosial telah menjadi bagian dari kehidupan semua orang, kami ingin membuat satu page di facebook untuk mempromosikan produk-produk kami. Dan yang terbaik dari semua, ini adalah gratis.

Jalan direktori situs:
 dengan kesempatan ini kami ingin mengiklankan produk kami di website direktori jalan seperti www.urbanesia.com

Analisis SWOT


Faktor internal Evaluasi (IFE)


STRENGHT/KEKUATAN

Harga murah
Mudah dalam produksi
Produksi Kualitas Baik
Dapat dikonsumsi setiap hari

WEEKNESS/KELEMAHAN

Mudah keluar dari bisnis
Butuh waktu 45 hari produks


Faktor eksternal Evaluasi (EFE)

OPPORTUNITY/PELUANG

Masih banyak peluang
Modal bisa sesuai kemampuan
Dapatkan keuntungan yang cepat


TREATMEN/ANCAMAN

Viruz / H5N1 flue burung
Kematian masal akibat penyakit
Akan ada orang yg meniru bisnis saya.

Dari analisis SWOT, usaha ritel saya terletak di kuadran pertama atau biasa disebut pertumbuhan kuadran strategi yang berorientasi dan layak untuk dioprasikan


Evaluasi Faktor Internal dan Eksternal

Evaluasi Internal dan Eksternal
IFE
 VS
EFE

S/KEKUATAN

-Harga murah
Mudah-dalam produksi
-Produksi Kualitas Baik
-Bisa dikonsumsi setiap hari

W/KELEMAHAN

-Semoga dengan mudah keluar dari bisnis
-Bad polusi dari kotoran
-Membawa 45 hari produksi

O/PELUANG

-Masih banyak kesempatan
Kecil-modal
-Dapatkan keuntungan yang cepat

STRATEGI-SO

Benar-perawatan ayam
-Menjaga ayam berkualitas

STRATEGI-WO

- Lokasi bersih untuk produksi harus bersih
- Gunakan ayam limbah/kotoran sebagai pupuk

T/ANCAMAN

 Viruz / H5N1 flue burung
Kematian masal akibat penyakit
Akan ada orang yg meniru bisnis saya.

STRATEGI-ST

Ayam-pakan dilengkapi dengan zeolities dan starbioso probiotik yang mencegah bau yg disebabkn kotoran ayam

STRATEGI-WO

- Gunakan baris untuk mengurangi bau kotoran ayam
- Bisa juga melakukan pengolahan kotoran ayam menjadi pupuk organik
- Berikan vaksin, obat-obatan, dan makanan dengan lembut waktu


Kesimpulan

Dari analisis SWOT Bisnis ayam broiler terletak pada kuadran 1, yang berarti produktif dan kuat serta layak dioprasika
Saran

Jika bertekad untuk membuka usaha peternakan ayam broiler, harus percaya diri, dan keberanian untuk menghadapi risiko terburuk dari usaha ritel.
Broiler pemula bisnis harus memahami dan mengetahui sejarah ayam pedaging, rovision pemeliharaan, kebutuhan pemeliharaan, serta berbagai penyakit dan tahu bagaimana mencegah dan mengatasinya
 Harus memiliki sikap rajin, ulet berani,, dan waktu disiplin
 Untuk menghindari polusi udara yang disebabkan oleh kotoran ayam, itu harus menjag kebersihan kandang dan pengolahan kotoran ayam secepat mungkin untuk dijadikan pupuk organiK

syalom
di minggu ke-3 ini saya mendapat pelajaran yang sangat berpengaruh sekali dalam memulai suatu bisnis. teman-teman ternyata banyak sekali pemula bisnis yang dalam memulai usahanya tidak melakukan analisis terlebih dahulu, makanya banyak sekali yang mengalami kegagalan atau gulung tikar. nah  sekarang aku mau bagi- bagi ilmu yang selama ini saya dapat dari universitas ciputra via online. Analisis SWOT! apa itu analisis SWOT? ternyata setelah saya pelajari analisis SWOT kepanjangan dari S= STRENGHT yang artinya kekuatan , dimana setiap bisnis kita pasti mempunyai kelebihan yg memperkuat suatu bisnis tersebut layak untuk di buka. W=WEAKNESS yang berarti kelemahan.  selain kekuatan ternyata juga ada kelemahan dalam arti dimanakah letak ketidak layakan atau masalah dalam bisnis kita. O=OPPORTUNITY berarti peluang,dimana setiap bisnis yang kita mau buka mempunyai banyak kesempatan untuk memenuhi permintaan pasar. T=THREAT yang berarti ancaman, ketika kita ingin memulai suatu usaha, ketika kita melakukan analisis SWOT kita bisa tahu berapa besar resiko yang akan kita alami disaat bisnis kita gagal.
oke teman-teman sebelum kita memulai bisnis mari kita lakukan dengan menganalisis bisnis dengan menggunakan Analisis SWOT.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar